Batik Indonesia (Digital) yang akan Mendunia

Apa yang akan anda ucapkan jika tau bahwa Batik Indonesia akan menguasai pasar fashion di dunia ? Bangga bukan menjadi warga Indonesia? Apalagi kalau setiap orang bisa merancang batiknya sendiri dirumah mereka sendiri, Gratis lagi,... Bagaimana menurut Anda ? Lalu bagaimana bisa tembus pasar internasional??

Taukah Anda tentang jBatik? yup bisa ditebak jBatik adalah salah satu pemenang INAICTA 2008, sebuah perangkat lunak Open Source yang mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan basis desain batik tradisional. Aplikasi yang menggabungkan nilai budaya dan TIK ini menunjukkan bahwa TIK dan budaya bukan dua wilayah yang terpisah, bahkan kolaborasi keduanya akan menciptakan nilai tambah yang sangat besar.

Inovasi ini berhasil memetakan pola-pola batik secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga dapat menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital. Dalam perangkat lunak JBatik, mula-mula gambar batik diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya. Yang luar biasa adalah dari satu rumus dapat dihasilkan banyak motif desain.

Apakah Anda juga ikut bangga menjadi “indonesian”? lalu apa itu jBatik?

jBatik is an open source software, custom developed to design Batik Fractal. This Java based program can be found in website www.pxlpplproject.com for user can have first hand experience to generate graphics by writing fractal formula based on L-Systems. User can also copy the formula provided in Galleries, manipulating the formula, iterations or angles of the fractal to produce various results. End results can be saved in png format for further development.

Pada dasarnya software ciptakan Pixel People Project ini tidak hanya bisa dipergunakan untuk mendesain batik semata. Namun untuk mendesain patung ataupun modeling pun bisa. "Tapi tetap desainnya didasari oleh rumus-rumus matematika Fractal," kata Head of Design Pixel People Project.

Pada versi kedua ini, jBatik mampu menghasilkan motif-motif batik dengan cara generatif, dimana komputer memiliki otoritas dalam menghasilkan gambar tanpa
intuisi desainer. Desainer hanya perlu merekayasa sistemnya saja yaitu rumus Fractal nya untuk menghasilkan gambar objek tertentu.

Penasaran mau menjajal software ini? Tak perlu khawatir, sebab software ini bisa di-download secara gratis di situs mereka yang beralamat di www.pxlpplproject.com. "Ukurannya sekitar 1 Mb, tapi kalau sama source code-nya sekitar 10 Mb,"

sumber:detiknet.com


copyright@Maj'sBlog'09



Check ketersediaan nama kamu sebagai nama domain!!


Related Posts by Categories



0 komentar:

Others

Links Galery Other
Maj'sBlog
get the code

Red Carpet : BolaSinema
Rohman Sudiro
TopicKhamsionk
Iyandri
David
Deskapahendri
HackTheSlack
MyCuteLingeries
Ngadsens
Frizzy
omSanjaya
marcel
pinginbelajar
jepangsong
thobingsunarya
ripmaggots
rumahislami
neocomp4
arwi-cigo
nearie.web.id
aveef
sakurasays
You ??
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from majendra. Make your own badge here.